Pesan Cepat

SMS ke 085640877121 dan kirim data ke yasinyusuf86@gmail.com

Senin, 07 Mei 2012

Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Flash dan PowerPoint

Media pembelajaran sangat penting bagi terlaksananya proses transfer ilmu dari guru kepada siswa. Salah satu tujuan utama dari pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran adalah siswa bisa lebih memahami ilmu atau pengetahuan secara lebih kongkret. Banyak media yang bisa kita jadikan sebagai media pembelajaran salah satunya adalah Multimedia Interaktif, contoh multimedia interaktif adalah Kuis dengan  flash , game, kuis dengan PowerPoint, dan lain-lain. Disini saya akan memberikan beberapa contoh softwrare yang  bisa anda gunakan sebagai media pembelajaran baik di tingkat sekolah dasar maupun tingkat pertama dan menengah.
Salah satu media yang paling digandrungi anak seusia anak SD adalah kartun, kartun bagi anak mudah mempengaruhi aspek-aspek pekembangan anak, banyak tayangan film-film kartun di televisi yang tidak sesuai dengan harapan para guru atau orang tua. Nah kita sebagai guru ataupun orang tua perlu mengarahkan kebiasaan anak zaman IT saat ini dengan membuat alat atau media yang disukai anak sekaligus memberikan anak pengetahuan yang semestinya.
Adapun software-software yang bisa digunakan adalah:
Macromedia flash MX dan sejenisnya
Macromedia flash MX adalah software yang  sering digunakan sebagai pembuat animasi flash, dengan macromedia kita bisa membuat animasi katun, kuis, dan bisa juga membuat presentasi atau membuat web sekalipun. Anda bisa mendownload Software ini di sini dan untuk tutorialnya disini dan disini.
Shothink SWF Easy 
Software ini saya gunakan untuk membuat berbagai animasi flash, mulai dari kartun hingga banner untuk web sekalipun. Software ini sangat mudah digunakan dibanding dengan Macromedia Flash karena tidak terlalu banyak toolbar/propertybar yang menyulitkan.
Saya sangat merekomendasikan software ini untuk anda yang pemula di dunia flash, anda bisa lihat beberapa banner di blog saya ini adalah hasil dari Shothink SWF Easy, untuk mendownloadnya anda bisa kunjungi laman ini. Contoh aplikasi kartun yang saya buat bisa di download disini.
Sothink SWF Quicker
Sebenarnya software ini hampir sama dengan SWF Easy namun ada perbedaan sedikit di bagian tampilan dan Opsi Exportnya. Dengan SWf Quicker bisa mengexport hasil kerja kita dalam bentuk portable flash sehingga tidak dibutuhkan player untuk memutar atau melihat tampilannya. Saya biasa menggunakan SWf Quicker untuk mengexport saja sementara pembuatan flashnya menggunakan SWF Easy. Anda bisa mengimport file SWF dari hasil SWF easy kemudian mengexportnya kedalam bentuk Flash portable atau EXPORT PROJECTOR(EXE). Download softwarenya disni
Wondershare QuizCreator
Software ini sangat mudah digunakan sebagai pembuat kuis interktif, sangat cocok digunakan untuk berbagai keperluan kuis khususnya di sekolah. Anda bisa menggunakan beberapa bentuk pertanyaan menseting layout dari player kuisnya dan menseting bahasa perintah yang digunakan. Anda bisa mendownload softwarenya  disini  dan contoh hasilnya disini.
Ispring Quizmaker
Software ini hampir sama dengan Wondershare yaitu sebagai pembuat kuis tapi dari Company yang berbeda. Cara menggunakanya mudah. Anda bisa mendownloadnya disini 

2 komentar:

  1. woow keren nih

    tambahan referensi nih media pembelajaran interaktif khususnya dalam format swf bisa juga dimainkan secara online loh silakan ini dia contohnya http://www.gardumedia.com/

    BalasHapus
  2. Baca konsep multimedia pembelajaran interaktif kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/2013_02_01_archive.html

    BalasHapus